News That Matters
Shadow

Kursus Mikrotik Jogja

Kursus Mikrotik Jogja – Anda ingin belajar mikrotik ? Sudah tahu apa itu mikrotik?

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handa dan mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless serta cocok digunakan oleh ISP, provider hostpot dan juga warnet.

kursus mikrotik jogja

Mikrotik sendiri di desain agar mudah di gunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang atau bahkan membangun sebuah sistem jaringan komputer dengan skala kecil hingga dengan skala kompleks sekalipun.

Bahkan belakangan ini juga sudah banyak usaha warnet dan lain sebagainya yang menggunakan mikrotik sebagai routernya dan hasilnya yang dapat dilihat mereka puas dengan apa yang telah diberikan oleh mikrotik. Terlebih lagi ditambah dengan kemajuan dalam dunia wireless yang menyajikan berbagai macam pelayanan mulai melirik yang satu ini. Secara sederhana mikrotik dapat diartikan sebagai sebuah sistem operasi untuk keperluan router yang diinstall pada komputer.

Sejarah Mikrotik

Mikrotik pertama kali digagas pembuatannya pada tahun 1996, John dan Arnis mulai merutekan dunia (Visi Mikrotik adalah merutekan seluruh dunia). Menggabungkan sistem Linux dan MS-DOS dengan teknologi 2Mbps Aeronet Wireless LAN (WLAN), dimulai di Morkova di Latvia, kemudian untuk lima pelanggan Latvia.

Arnis menyatakan bahwa ia melayani 10 hingga 20 pelanggan karena mengembangkan perangkat lunak router yang andal dan bertujuan untuk menggunakannya di seluruh dunia. Ini sedikit tidak sesuai dengan informasi di Web Mikrotik yang memiliki 600 titik WiFi (pelanggan) dan terbesar di dunia.

Alasannya bukanlah untuk membuat ISP nirkabel (WISP), tetapi untuk mengembangkan program router andal yang dapat berjalan di mana saja di dunia. Latvia hanyalah “tempat eksperimen” bagi John dan Arnis. Saat itu, mereka mendukung negara lain, termasuk Sri Lanka, melayani sekitar 400 pelanggan. Linux pertama yang mereka gunakan adalah Kernel 2.2. Dikembangkan bersama dengan bantuan 5-15 staf R&D Mikrotik yang saat ini menguasai dunia routing di negara berkembang.

Menurut Arnis, selain karyawan di lingkungan Mikrotik, juga direkrut freelancer dan pihak ketiga yang terus mengembangkan Mikrotik secara maraton. Saat ditanya siapa pesaing Mikrotik, Arnis tersenyum dan menolak menjawab. Arnis tertawa kecil saat menyebut nama yang sudah terkenal sebagai pembuat perangkat keras yang didedikasikan untuk teknologi WLAN, Soekris dari Amerika Serikat, ketika menyimpulkan bahwa tidak ada persaingan.

Tujuan utama dari kedua adalah untuk mengembangkan perangkat lunak untuk perutean karena kebutuhan akan perangkat keras terus bertambah. Jadi, pada akhirnya, Anda membuat berbagai jenis perangkat keras yang terhubung ke perangkat lunak yang Anda kembangkan.

Semangat Mikrotik sedikit berbeda dari kebanyakan perusahaan sejenis di Amerika Serikat yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak dan mencari solusi perangkat keras dengan bantuan pihak ketiga. Anda juga dapat melihat bahwa variasi perangkat yang ditawarkan terus meningkat, mulai dari perangkat yang beroperasi pada frekuensi 2,4GHz dan 5,8GHz hingga antarmuka dan antena. Keahlian Mikrotik terletak pada software router.

Tampaknya menjual perangkat WiFi dengan antena omnidirectional yang tidak disarankan untuk digunakan di dunia WiFi karena sangat sensitif terhadap interferensi dan interferensi. Ini memiliki tujuan yang sangat jelas untuk mengirimkan sinyal ke segala arah, tetapi ini adalah solusi yang murah.

Popularitas Mikrotik telah menyebar ke Indonesia. Dimasukkan pertama kali oleh Valens Riyadi dan kawan-kawan melalui Citraweb di Yogyakarta pada tahun 2001, sejak itu berkembang menjadi solusi yang lebih murah, terutama untuk menyiapkan ISP berbasis WLAN. By the way, Yogyakarta adalah salah satu kota terpadat dengan pengguna WLAN di Indonesia. Routing dunia Mikrotik yang sukses adalah contoh bagaimana hal itu dapat membantu semua calon pengguna Internet memasuki dunia maya, terutama dalam membangun infrastruktur.

Fungsi Mikrotik

Router mikrotik ini bisa digunakan pada jaringan komputer berskala kecil mamupun besar hal ini tentunya disesuikan dengan resource daripada komputer itu sendiri tentunya. Jika mikrotik digunakan dalam mengatur network kecil maka penggunaan perangkat komputernya yang biasa-biasa saja tetapi jika di tanganinya dalam jaringan berskala besar seperti ISP maka penggunaan perangkat komputernya pun harus benar-benar handal. Berikut beberapa fungsi dari mikrotik :

  • Menyediakan Sistem Otentikasi. Sistem otentikasi digunakan untuk memblokir situs yang berisi konten yang dilarang keras oleh hukum. Oleh karena itu, program ini mendukung terciptanya internet positif sebagai langkah awal untuk mengurangi konten yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Konfigurasi Jaringan Lokal. Mikrotik memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengkonfigurasi LAN (Local Area Network) Anda menggunakan perangkat keras dengan spesifikasi sebagai berikut: Mikrotik Router OS PC. 3. Manajemen Sistem Jaringan Internet
  • Untuk Pengelolaan Sistem Jaringan Internet. Fungsi ketiga adalah untuk jaringan Internet yang lebih terpusat sehingga administrator dapat mengelola dan mengelola datanya dengan lebih baik.
  • Bertindak sebagai hotspot. Fungsi 4 juga bertindak sebagai hotspot, sehingga sangat mudah untuk mengkonfigurasi dan membagi bandwidth setiap jaringan komputer. Selain itu, ada tugas untuk memisahkan bandwidth lalu lintas data internasional dan lokal.
  • Membuat server PPPoE. Dan fitur terakhir digunakan pada perangkat saat membuat server PPPoE.

 

Jenis-jenis Mikrotik

Setelah mengetahui Pengertian, Sejarah dan juga fungsi dari Mirotik, Anda juga harus memahami tentang jenis-jenis dari Mirotik itu sendiri. Mikrotik tidak tersedia hanya dalam satu jenis. Ada dua jenis utama Mikrotik ini:

1. Mikrotik RouterOS

Mikrotik RouterOS ini merupakan sistem operasi berbasis UNIX yang dapat menjalankan komputer atau PC biasa dengan fitur-fitur seperti bridge, hotspot, router, firewall dan proxy server. Begitu banyak orang yang menggunakannya untuk membangun router. Secara ringkas, keunggulan Mikrotik RouterOS adalah: Anda dapat mengubah komputer atau PC biasa menjadi router yang andal dan berkualitas tinggi. Ini didasarkan pada Linux, jadi sangat mudah digunakan. Dapat diinstal sebagai sistem operasi. Biasanya dipasang pada catu daya PC.

2. RouterBoard

Berbeda dengan software sistem operasi Mikrotik RouterOS, RouterBoard adalah perangkat keras jaringan tempat sistem operasi Mikrotik RouterOS diinstal, dan fitur-fiturnya adalah manajemen bandwidth, DHCP, DNS server, hotspot server, proxy, Server dan router.

RouterBoard sangat kecil dan praktis, dan terdiri dari prosesor, RAM, ROM, dan memori flash. Dengan cara ini, fungsi router sudah terpasang, sehingga Anda dapat menjalankan fungsi router secara independen dari PC. Kelebihan RouterBoard adalah : Hanya membutuhkan 2,5 watt, jadi murah. Instalasi mudah, cukup atur router dan jaringan Anda. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.

 

Berikut beberapa kelebihan mikrotik diantaranya :

  • Pengaturan koneksi internet dapat dengan mudah dilakukan secara terpusat dan memudahkan pengelolaannya.
  • Konfigurasi Lan dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requriments tentunya.
  • Blocking situs terlarang dengan mudah
  • Billing Hotspot

Tentunya untuk mempelajari mikrotik anda bisa mengikuti Kursus Mikrotik Jogja, kami Kursus mikrotik Jogja menawarkan program kursus dengan harga terjangkau. Kursus Mikrotik Jogja bersama kami anda akan dibimbing tentor berpengalaman dan diajarkan sampai anda mahir.

Segera datang dan kunjungi kami Kursus Mikrotik Jogja. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Kursus Mikrotik Jogja anda dapat mengunjungi website kami disini.