News That Matters

Kursus Animasi Jogja

Kursus Animasi Jogja – Animasi siapa saat ini yang tidak tahu apa itu animasi ?

Animasi merupakan gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan dan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan sebelumnya pada setiap perhitungan waktu yang terjadi dan gambar atau objek yang dimaksud disini adalah bisa berupa gambar manusia, hewan maupun berupa tulisan. Pada proses pembuatan nya biasanya sang pembuat animasi atau yang biasa disebut dengan animator harus menggunakan logika berfikir agar dapat menentukan alur gerak dari suatu objek yang ada dimulai dari kondisi awal sampai dengan kondisi akhir objek tersebut. Sehingga dapat diartikan animasi dibuat untuk memuat gambar atau objek yang seolah – olah menjadi hidup diakibatkan oleh kumpulan gambar yang disusun beraturan dari kondisi awal sampai akhir tersebut.

kursus animasi jogja

Sejarah Animasi

Animasi pertama kali dibuat pada tahun 1756  oleh Fady Saeed yang berasal dari mesir,  pada abad 17 sampai abad 19 dimana peralatan pembuatan animasi sederhana telah ditemukan jauh sebelum ditemukannya proyektor film. Sementara film animasi mulai diperkenalkan pada tahun 1890 dan dibuat pertama kali oleh Charles-Emile Reynaud yang juga merupakan penemu Praxinoscope dimana pada awalnya animasi dibuat dengan menggunakan sitem 12 putaran kemudian selanjutnya dikembangkan kembali menjadi 500 putaran

Namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini animasi sudah tidak lagi dilakukan secara manual tetapi bisa dengan memanfaatkan teknologi salah satunya adalah menggunakan komputer. Dimana animasi komputer sendiri merupakan seni yang menghasilkan gambar bergerak menggunakan komputer dan merupakan salah satu bagian dari bagian komputer grafik. Dengan menggunakan animasi komputer hal- hal yang awalnya tidak mungkin untuk digambarkan dalam animasi menjadi mungkin dan tentunya lebih mudah. Dan dengan perkembangan teknologi saat inpun memungkinkan orang dapat membuat animasi dengan mudah. Animasi komputer yang dihasilkan tentunya tergantung dengan keahlian dan software yang digunakan oleh animator itu sendiri. Tentunya hal ini semakin mendorong anda untuk memiliki kemampuan lebih terutama anda yang bekerja di bidang animasi.

Animasi sendiri juga dibagi menjadi beberapa jenis di antaranya :

Dikutip dari website “mfrlive.wordpress.com” , jenis animasi terdiri,

a. Animasi 2D (2 Dimensi
Animasi 2D biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Dan film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby doo, dan masih banyak lagi. Meski yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun.
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba¬lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).

c. Stop_Motion Animation

Animasi ini juga dikenali sebagai claymation kerana animasi ini menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang di gerakkan.
Teknik ini pertama kali di perkenalkan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906.
Teknik ini seringkali digunakan dalam menghasilkan visual effect bagi filem-filem era tahun 50an dan 60an. Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul Chicken Run..
Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi ini agak sukar untuk dihasilkan dan memerlukan kos yang tinggi.

d. Animasi Jepang (Anime)

Anime, itulah sebutan tersendiri untuk film animasi di Jepang\, Jepang pun tak kalah soal animasi dibanding dengan buatan eropa. Anime mempunyai karakter yang berbeda dibandingkan dengan animasi buatan eropa. Salah satu film yang terkenal adalah Final Fantasy Advent Children dan Jepang sudah banyak memproduksi anime.

Manfaat animasi :

  • Di Media Hiburan, animasi tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri di setiap tontonan dan jika di jadikan sebagai tontonan pada umumnya pada saat pengerjaan animasi ini sangatlah serius sebab itu adalah sebuah produk yang komersial yang mempunyai nilai jual contohnya seperti iklan, film, vidio clip, games dan yang lainnya.
  • Di Media Presentasi yaitu untuk membantu dalam menyampaikan sebuah informasi, animasi juga bisa mempresentasikan model abstrak ataupun berbentuk(berwujud), dan yang paling menonjol adlah aniimasi dapat menarik perhatian dengan adanya gambar bergerak dan supaya lebih menarik pada umunya di ikuti dengan audio yang menarik sesuai dengan apa isi materi yang akan di presentasikan.
  • Dalam Media Pembelajaran, Animasi di gunakan sebagai alat pembelajaran yang sangat efektif dan atraktif  seperti tutorial,CD intraktif, game dan juga vidio pembelajaran yang akurat pastinya.
  • Animasi sebagai alat bantu. Dimana animasi sangat berperan nyata untuk elemen user interface pada suatu produk  multimedia dan tentunya bisa membantu secara visualisasi di bidang industri, konstruksi, kesehatan dan masih banyak  lagi sob.

Oleh karena itu kami menawarkan program kursus animasi jogja, dimana program Kursus Animasi jogja menawarkan program kursus animasi komputer dengan menggunakan software atau tools yang akan memudahkan anda serta menambah wawasan anda. Selain itu dengan anda mengikuti Kursus Animasi Jogja maka anda akan dibimbing langsung oleh tentor yang sudah berpengalaman dibidangnya dan anda juga akan di ajarkan sampai mahir. Tentunya dengan mengikuti Kursus Animasi Jogja bersama kami akan sangat menunjang untuk anda selain untuk menambah wawasan juga dapat menunjang karir anda dalam bekerja.

Tunggu apalagi anda berminat mengikuti Kursus Animasi Jogja bersama kami ? Segera datang dan daftarkan diri anda bersama kami DISINI.

Anda ingin melihat program lain yang kami tawarkan silahkan klik disini.

error: Content is protected !!