News That Matters

Kursus Ecommerce Jogja

Kursus Ecommerce Jogja – Tentunya anda sudah sering mendengar ecommerce ? tetapi apa anda sudah memahami apa itu ecommerce ? Anda berminat membuka bisnis ecommerce ? Maka sebelumnya anda tentu harus paham betul bagaimana ecommerce itu bukan ?

kursus ecommerce jogja

Pengertian E-commerce

E-commerce atau yang sering disebut sebagai perdagangan elektronik merupakan aktifitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan serta pemasaran barang ataupun jasa secara online dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet dan juga jaringan komputer. Sementara ecommerce sendiri juga melibatkan aktifitas yang berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem pengolahan dan lain sebagainya yang sudah dilakukan dengan sitem komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.

Beberapa definisi E-Commerce dari beberapa sudut pandang :

  • Komunikasi, E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan,atau sarana elektronik lainnya.
  • Proses bisnis, E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
  • Layanan E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
  • Online, E-Commerce berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di internet dan jasa online lainnya.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.  E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Klasifikasi E-Commerce :

  1. Business to Business (B2B), E-Commerce tipe ini meliputi transaksi antar organisasi yang dilakukan di Electronic market.
  2. Business to Costumer (B2C),  Merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan.
  3. Customer to Customer (C2C),  Konsumen menjual secara langsung ke konsumen lain. Atau mengiklankan jasa
    pribadi di
    Internet.
  4. Customer to Business (C2B),  Perseorangan yang menjual produk/layanan ke organisasi, perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi.
  5. Nonbusiness E-commerce,  Lembaga non bisnis seperti akademis, organisasi, orgasnisasi keagamaan, organisasi sosial dan lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya guna meningkatkan operasi dan layanan publik.
  6. Intrabusiness (organiszational) E-commerce,  Termasuk kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet yang melibatkan pertukaran barang, jasa/informasi.

Sejarah E-commerce

Ecommerce sendiri pertama kali dikembangkan ialah electronic funds transfer di awal tahun 1970-an dimana penggunaan aplikasi tersebut dibatasi hanya pada perusahaan besar dan lembaga keuangan. Pada tahun 1990-an definisi serta pengertian e-commerce sendiri semakin berkembang luas dan di tahun ini pula kebanyakan perusahaan besar sudah memiliki website atau situs web untuk menjual produk atau jasa mereka masing – masing namun meskipun bisa dibilang sukses tetapi kesuksesan ini juga diikuti banyak kegagalan aplikasi e-commerce di tahun 1999. E-commerce sendiri bisa dianggap sebagai prosedur perdagangan online atau jual beli di internet dimana pembeli dan penjual tidak harus bertemu secara langsung tapi dipertemukan melalui dunia maya.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali bannerelektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang
termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Manfaat E-commerce

  • Mempermudah dalam komunikasi antara konsimen dan produsen
  • Memperluas jangkauan bisnis dan juga calon kosumen serta target pasar dalam pemasaran produk
  • Proses yang dilakukan lebih mudah baik itu untuk proses penjualan maupun pembelian
  • Pembayaran atau payment dapat dilakukan dengan lebih mudah
  • Penyebaran informasi yang lebih luas dan mudah untuk dilakukan

Perlu diingat juga tentunya dalam menjalankan e-commerce ada banyak faktor yang akan mempengaruhi keberhasilan e-commerce tersebut. Oleh karena sebelum anda memulai usaha dalam bidang ecommerce maka anda harus belajar terlebih dahulu. Dimana anda bisa belajar mengenai ecommerce ? Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus tentunya, oleh karenanya kami Kursus Ecommerce Jogja membuka program Kursus Ecommerce Jogja untuk anda yang ingin belajar lebih lanjut mengenai ecommerce. Dengan mengikuti program kursus ecommerce jogja bersama kami maka anda akan diajarkan oleh tentor – tentor berpengalaman di bidangnya tentunya. Selain itu anda juga akan mendapatkan materi – materi yang up to date sesuai dengan perkembangan zaman dan tentunya kebutuhan anda.

Tidak hanya itu kami Kursus Ecommerce Jogja juga menawarkan beragam program kursus menarik lainnya untuk anda. Untuk melihat program kursus yang kami tawarkan silahkan klik disini.

Tunggu apalagi anda berminat mengikuti Kursus Ecommerce Jogja bersama kami ? Silahkan datang dan daftarkan diri anda disini.

error: Content is protected !!