News That Matters
Shadow

Kursus Ecommerce Jogja

Kursus Ecommerce Jogja – Tentunya anda sudah sering mendengar ecommerce ? tetapi apa anda sudah memahami apa itu ecommerce ? Anda berminat membuka bisnis ecommerce ? Maka sebelumnya anda tentu harus paham betul bagaimana ecommerce itu bukan ?

kursus ecommerce jogja

Pengertian E-commerce

Electronic Commerce atau sering disebut dengan Electronic Commerce, adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, dan pemasaran barang atau jasa secara online dengan menggunakan sistem elektronik seperti internet atau jaringan komputer. E-commerce sendiri juga mencakup kegiatan yang berkaitan dengan proses transaksi elektronik yang dilakukan pada sistem atau jaringan komputer, seperti pengiriman uang elektronik, pertukaran data elektronik, dan sistem pemrosesan.

Beberapa definisi E-Commerce dari bebagai sudut pandang :

  • Komunikasi, e-commerce adalah penyampaian informasi, produk/jasa, atau sarana elektronik lainnya.
  • Proses Bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi yang mengotomatisasi proses transaksional dan perusahaan.
  • Layanan e-commerce adalah cara untuk memenuhi kebutuhan bisnis, konsumen, dan manajemen untuk mengurangi biaya layanan sekaligus meningkatkan kualitas produk dan kecepatan layanan.
  • Online, e-commerce mengacu pada kemampuan untuk membeli dan menjual produk dan informasi melalui Internet dan layanan online lainnya.

Industri TI menyebut aktivitas e-commerce transfer dana elektronik ini, SCM (Supply Chain Management), e-Marketing (e-Marketing), Pemasaran online, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), dan lain sebagainya. E-commerce atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, dan cakupan e-business lebih luas dari sekedar perdagangannya. , Tidak hanya kerjasama dengan mitra bisnis, layanan pelanggan, rekrutmen, dll. Selain teknologi jaringan WWW, e-commerce juga memerlukan teknologi database atau basis data (database), email atau email (email) dan format lainnya.

E-Commerce dapat dikelomokkan sebagai berikut :

  1. Business to Business (B2B), jenis e-commerce ini adalah transaksi bisnis-ke-bisnis yang dilakukan secara elektronik pasar. Beberapa situs web e-commerce B2B, seperti PTKrakatau Steel (www.krakatausteel.com) dan Unilever (www.unilever.co.id/id/) adalah perusahaan home and personal care, grosir dan es krim di Indonesia. Unilever adalah salah satu pelanggan PT. Pertukaran data elektronik Indonesia.
  2. Business to Costumer (B2C), mewakili transaksi eceran dengan pembeli individu. Saat ini, ada banyak toko dan mal virtual di Internet yang menjual semua jenis barang konsumsi. Contoh paling terkenal dari situs ini adalah Amazon, yang mendominasi pasar B2C. 
  3. Customer to Customer (C2C), konsumen menjual langsung ke konsumen lain. Atau promosikan layanan pribadi di internet. Lelang online dan iklan baris adalah dua contoh platform C2C, dan eBay dan Craigslist adalah dua platform yang paling populer. Karena eBay adalah bisnis, bentuk e-commerce ini juga dikenal sebagai konsumen-ke-bisnis, konsumen-ke-konsumen C2B2C.
  4. Customer to Business (C2B), orang yang menjual produk / layanan ke organisasi, individu mencari penjual, berinteraksi dan menyetujui kesepakatan.  Ini adalah kebalikan dari model perdagangan B2C tradisional. Contoh populer dari platform C2B adalah pasar yang menjual foto, gambar, media, dan elemen desain bebas royalti seperti iStock. Contoh lain adalah papan pekerjaan. 
  5. Nonbusiness E-commerce, cendekiawan, organisasi, kelompok agama, organisasi sosial, lembaga pemerintah, dan organisasi nirlaba lainnya yang menggunakan berbagai jenis e-commerce untuk mengurangi biaya dan meningkatkan operasi dan layanan publik.
  6. Intrabusiness (organiszational) E-commerce, Kategori ini mencakup semua aktivitas organisasi internal yang biasanya terjadi di Internet, termasuk pertukaran barang, jasa/informasi. Contoh dari Intrabusiness (organiszational) E-commerce : Gunakan perangkat lunak untuk memperbarui pinjaman perusahaan kepada karyawan sehingga Anda dapat melihat jumlah pinjaman, syarat pembayaran, dan saldo secara online.

Sejarah E-commerce

e-commerce sendiri pertama kali dikembangkan. Dengan kata lain, itu adalah transfer dana elektronik di awal 1970-an ketika penggunaan aplikasi terbatas pada perusahaan besar dan lembaga keuangan. Pada tahun 1990-an, definisi dan pemahaman tentang e-commerce sendiri meningkat secara signifikan, dan tahun ini sebagian besar perusahaan besar sudah memiliki situs web atau situs web yang menjual produk dan layanan mereka, tetapi itu sukses. aplikasi perdagangan. 1999. E-commerce sendiri dapat dianggap sebagai proses perdagangan online atau jual beli di Internet. Dalam hal ini, pembeli dan penjual tidak harus bertemu secara langsung, melainkan cukup bertemu didunia maya.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 ketika e-banner pertama kali digunakan untuk tujuan periklanan dan promosi pada halaman web (website). Menurut Forrester Research, pendapatan e-commerce Oktober 2003 adalah $ 12,2 miliar dan pendapatan ritel online non-perjalanan di AS diproyeksikan mencapai $ 4,5 triliun pada tahun 2011.

 Perusahaan e-commerce seringkali dapat bertahan tidak hanya dengan kekuatan produk, tetapi juga dengan kehadiran tim manajemen yang andal, pengiriman tepat waktu, layanan yang baik, struktur perusahaan yang baik, infrastruktur jaringan, dan keamanan yang meningkat. , Desain situs web yang sangat baik, beberapa faktor yang
termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa secara lengkap dan jelas bagi pembeli.
4. Menyediakan banyak bonus atau promo seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Perkembangan Ecommerce di Indonesia

Industri e-commerce belakangan ini berkembang sangat pesat di Indonesia. Pada tahun 2018, e-commerce Indonesia tumbuh sebesar 78%. Dari jumlah tersebut, 17,7% merupakan transaksi pembelian tiket pesawat dan reservasi hotel.

Selain itu, sekitar 11,9% adalah pembelian pakaian dan sepatu, dan 10% adalah kosmetik dan produk kesehatan.

Berdasarkan statistik ini, situs e-commerce pasti akan sangat bermanfaat bagi para profesional bisnis dan bahkan yang baru memulai. Selain itu, E-Commerce memiliki banyak keunggulan.

Manfaat E-commerce :

  • Mempermudah Komunikasi Antara Konsumen dan Produsen
  • Memperluas Jangkauan, tidak peduli kapanpun dan dimanapun berada selama ada internet konsumen dapat melakukan transaksi.
  • Sebagai Penjual juga bisa melakukan kegiatan transaksi dimanapun dan kapanpun.
  • Mudah dalam mengelola transaksi dan pengiriman, Dengan e-commerce, Anda tidak perlu khawatir tentang penanganan dan pengiriman barang Anda. Saat ini terdapat berbagai layanan pembayaran elektronik yang diproses di Internet. Pengiriman juga dapat dilacak secara online.
  •  Dapat mempelajari kebiasaan pelanggan, Menjalankan Bisnis Online Tanpa Memahami Perilaku Pelanggan hanya akan membuang Investasi Anda. Saat ini ada banyak alat analisis yang dapat Anda gunakan untuk melihat data toko online, seperti: Google Analytics.

Perlu diingat juga tentunya dalam menjalankan e-commerce ada banyak faktor yang akan mempengaruhi keberhasilan e-commerce tersebut. Oleh karena sebelum anda memulai usaha dalam bidang ecommerce maka anda harus belajar terlebih dahulu. Dimana anda bisa belajar mengenai ecommerce ? Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus tentunya, oleh karenanya kami Kursus Ecommerce Jogja membuka program Kursus Ecommerce Jogja untuk anda yang ingin belajar lebih lanjut mengenai ecommerce. Dengan mengikuti program kursus ecommerce jogja bersama kami maka anda akan diajarkan oleh tentor – tentor berpengalaman di bidangnya tentunya. Selain itu anda juga akan mendapatkan materi – materi yang up to date sesuai dengan perkembangan zaman dan tentunya kebutuhan anda.

Tidak hanya itu kami Kursus Ecommerce Jogja juga menawarkan beragam program kursus menarik lainnya untuk anda. Untuk melihat program kursus yang kami tawarkan silahkan klik disini.

Tunggu apalagi anda berminat mengikuti Kursus Ecommerce Jogja bersama kami ? Silahkan datang dan daftarkan diri anda disini.