News That Matters

Kursus PHP MySQL Jogja

Kursus PHP MySQL Jogja

Kursus PHP MySQL Jogja – Menawarkan program kursus untuk membuat aplikasi web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, kami Kursus PHP MySQL Jogja merupakan lembaga kursus, pelatihan dan juga training terpercaya di kota Yogyakarta.

Saat ini dengan semakin berkembangnya zaman dan juga teknologi pembuatan aplikasi web menjadi semakin berkembang pesat dikarenakan kemudahan dalam akses internet dan juga salah satu aplikasi yang paling mudah untuk di implementasikan tentunya.

 

Sejarah PHP dan MySQL

PHP sendiri bermula tahun 1994 dimana ketika programmer kelahiran Denmark yang sekarang berdomisili di Canada, Rasmus Lerdorf membuat sebuah script (kode program) dengan bahasa Perl untuk keperluan web pribadinya. Salah satu kegunan script ini adalah untuk menampilkan resume pribadi dan mencatat jumlah pengunjung ke sebuah website. Berdasarkan alasan untuk meningkatkan performa nya Rasmus Lerdorf kemudian membuat ulang kode program tersebut dalam bahasa C. Ia juga mengembangkannya lebih lanjut sehingga memiliki script tersebut memiliki kemampuan untuk memproses form HTML dan berkomunikasi dengan database. Lerdorf menyebut kode program ini sebagai Personal Home Page/Forms Interpreter atau PHP/FI. Inilah asal mula penamaan PHP digunakan. PHP/FI dapat digunakan untuk membuat aplikasi web dinamis sederhana.

Lerdorf kemudian merilis kode tersebut ke publik dengan sebutan Personal Home Page Tools (PHP Tools) version 1.0. Perilisan ini diumumkan pada 8 Juni 1995 di alamat comp.infosystems.www.authoring.cgi, sebuah group diskusi Usenet. Alamat website yang tertera di atas sudah tidak dipakai lagi. Dari pengumuman ini kita dapat mengetahui kebutuhan programmer saat itu, seperti mencari cara untuk membuat halaman yang dapat diproteksi dengan password, kemudahan dalam penanganan form, dan kemampuan mengakses data dari halaman lain.

Sementara sejarah MySQL sendiri dimulai pada tahun 1979, ketika Michael Widenius (a.k.a. Monty), seorang programmer asal Swedia, mengembangkan sebuah sistem database sederhana yang dinamakan UNIREG. UNIREG ini menggunakan koneksi low-level ISAM database engine dengan indexing (baca : sistem database sederhana yang mendukung index). Monty bekerja pada perusahaan bernama TcX di Swedia. TcX pada tahun 1994 mulai mengembangkan aplikasi berbasis web, dan berencana menggunakan UNIREG sebagai sistem databasenya. Namun malang bagi Monty, UNIREG dianggagap tidak cocok untuk database yang dinamis seperti web. TcX mencoba mencari alternatif sistem database lainnya, salah satunya adalah mSQL (miniSQL), sebuah RDBMS yang tidak terlalu mahal dan hampir open source, maksudnya jika anda membeli aplikasi ini, anda juga akan mendapatkan source code nya juga. Namun mSQL versi 1 ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mendukung indexing, sehingga performanya tidak terlalu bagus.

Dikarenakan penolakan David Hughes, TcX (dan juga Monty) akhirnya memutuskan untuk merancang dan mengembangkan sendiri konsep sistem database baru. Sistem ini merupakan gabungan dari UNIREG dan mSQL (yang source codenya dapat bebas digunakan). Sehingga pada May 1995, sebuah RDBMS baru, yang dinamakan MySQL dirilis.

Sementara asal penamaan MySQL sendiri agak unik. Monty berkata :

“It is not perfectly clear where the name MySQL derives from. TcX’s base directory and a large amount of their libraries and tools have had the prefix ‘My’ for well over ten years. However, my daughter (some years younger) is also named My. So which of the two gave its name to MySQL is still a mystery.”

Berbagai sumber menyatakan, bahkan juga di situs MySQL sendiri bahwa “My” dari MySQL berasal dari nama anak perempuan Monty. Namun seperti kutipan diatas, Monty pun mengakui bahwa selama ia di TcX, library dan aplikasi yang dikembangkan perusahaan itu juga banyak dimulai dengan awalan “My”.

Logo lumba-lumba dalam lambang MySQL di namai Sakila, yang berasal dari sebuah kontest “Name the Doplhin” yang diadakan MySQL AB. Nama Sakila ini diajukan oleh  Ambrose Twebaze, seorang programmer open source dari Swaziland, Afrika. ‘Sakila‘ memiliki akar dari bahasa Siswati, bahasa yang digunakan di Swaziland.

Mengapa harus belajar PHP dan MySQL

Aplikasi berbasis website sendiri merupakan aplikasi client-server yang diakses dengan menggunakan web browser dan juga koneksi internet dari sisi client baik menggunakan web browser seperti google chrome dan lain sebagainya sementara pada sisi server menggunakan Apache dan yang lainnya. Selain itu aplikasi berbasis website ini merupakan salah satu aplikasi yang mudah dalam pemeliharaannya karena update hanya di lakukan di sisi server saja.

Dengan mengikuti Kursus PHP MySQL Jogja maka anda akan diajarkan bahasa pemrogram PHP. Dimana PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan di internet dan menjadi salah satu basis pembuatan aplikasi CMS yang terkenal salah satunya wordpress, joomla atau software – software ecommerce yang lainnya. Bahkan asal anda ketahui bahwa front-end dari aplikasi facebook pun dibangun menggunakan PHP, dimana PHP ini juga mendukung adanya pemrograman berorientasi objek atau yang sering disebut PBO.

Sama hal nya dengan PHP maka MySQL juga merupakan database yang bersifat open source yang paling banyak digunakan di dunia untuk saat ini. MySQL sendiri terkenal sebagai database yang cepat dan telah mendukung fitur database modern yang lengkap, sementara PHP dan MySQL merupakan pasangan bahasa pemrograman dan database yang paling banyak di dukung oleh mayoritas web hosting yang ada di internet saat ini.

Tentunya dengan anda mengikuti kursus anda akan banyak mendapatkan wawasan yang sangat berguna untuk anda kedepannya baik dalam hal pekerjaan maupun karir anda nantinya.

Anda ingin belajar PHP dan MySQL tetapi bingung dimana ? Maka kami solusisnya Kursus PHP MySQL Jogja, kami menawarkan program kursus yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda tentunya. Program Kursus PHP MySQL yang kami tawarkan merupakan program kursus meliputi 2 macam klass yaitu reguler class dan juga intensive class.

Selain itu kenapa anda harus mengikuti kursus bersama kami, yaitu karena salah satu keunggulan yang kami tawarkan dimana dengan anda mengikuti Kursus PHP MySQL Jogja bersama kami maka anda dapat mengikuti kursus dengan jadwal yang lebih fleksibel atau sesuai dengan kesepakatan bersama. Anda juga akan dibimbing oleh tentor – tentor berpengalaman di bidangnya tentunya.

Segera datang dan daftarkan diri anda untuk mengikuti kursus bersama kami disini.

Anda ingin melihat program – program kursus lainnya yang kami tawarkan ? Silahkan klik disini “Daftar Program Kursus”.

error: Content is protected !!