News That Matters
Shadow

Training Desain Grafis Di Jogja

Training Desain Grafis Di Jogja-Desain grafis, kata yang tidak asing lagi bagi kita terutama para generasi millenial. Sangat banyak usaha atau bisnis yang menggunakan jasa desain grafis/ seorang graphic designer, mulai dari membuat desain kemasan, desain logo, dan lain sebagainya. Hal itu lah yang menjadikan jasa atau skill desain grafis sangat dibutuhkan di era millenial sekarang ini.

Namun, tak jarang bagi sebagian orang belum pernah mengenal tentang desain grafis.

Yuk, kita mengenal apa itu desain grafis!

Sebelum mulai memiliki kemampuan desain grafis, Anda perlu mengetahui beberapa hal dibawah ini!

Apa itu Desain Grafis?

Pertama Anda perlu mengerti arti desain grafis itu sendiri. Secara Umum Desain grafis merupakan sebuah bentuk seni yang digunakan untuk membuat atau menempatkan elemen visual pada suatu media.

Desain grafis harus dibuat dan dikomunikasikan sebagai pesan, sehingga bagi beberapa orang Desain Grafis memiliki arti “Proses komunikasi menggunakan media visual seperti tipografi, foto, dan ilustrasi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat umum”. Antara lain, menciptakan persepsi tertentu terhadap pesan yang dikirim.

Desain grafis dalam format ini dibuat oleh desainer grafis yang mengkhususkan diri dalam menafsirkan pesan melalui gambar. Dengan kata lain, grafis desainer adalah komunikator visual yang menciptakan konsep visual baik secara manual maupun menggunakan perangkat lunak komputer. Mereka menyampaikan pemikirannya untuk menginspirasi dan menyampaikan pesan melalui seni rupa, termasuk gambar, teks dan grafik.

Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis desain grafis ini? Dan setiap jenis membutuhkan keterampilan khusus dan keterampilan desain. Apa saja jenis-jenis desain grafis?

6 Jenis Desain Grafis Menurut Training Desain Grafis Di Jogja

1. Identitas Visual

Desain grafis jenis Identitas Visual merupakan desain visual yang dibuat untuk memberikan identitas dari usaha atau bisnis. Para desainer ini memiliki spesialisasi dalam desain grafis dengan identitas visual dan umumnya mereka menciptakan nilai merek. Ini termasuk logo, tipografi, palet warna, maskot, dan elemen lain yang mewakili kepribadian merek.

Perusahaan / merek terlihat berbeda tergantung pada identitas visualnya. Salah satu indikator identitas visual yang sukses yaitu ketika konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi suatu merek meskipun hanya melihat sebagian dari representasi visual tersebut.

2. Desain Kemasan

Kemasan Produk adalah bagian terpenting dalam suatu produk, karena berfungsi untuk melindungi produk selama penyimpanan, distribusi dan penjualan, serta melindungi keamanan dan kerusakan produk.

Namun tidak hanya itu, fungsionalitas paket juga bisa menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Ini karena visual paling penting yang mewakili produk dan berkomunikasi langsung dengan konsumen.

Jadi, tentu saja, setiap kotak, setiap karton, setiap botol, setiap kaleng, setiap cangkir, setiap tas, setiap kantong, dan setiap jenis paket lainnya menceritakan dan menciptakan sebuah cerita tentang produk tersebut. Sehingga Kemasannya terlihat menarik serta inovatif akan membedakannya dari produk pesaing serupa dan dapat mendorong konsumen untuk memilih produk Anda.

3. Desain Pemasaran dan Promosi

Grafis Pemasaran dan Promosi adalah desain grafis yang digunakan dalam setiap kampanye periklanan dan promosi bisnis. Perancangan ini berfokus pada elemen visual yang menarik untuk menyampaikan identitas, produk/jasa, manfaat, dan nilai bisnis lainnya.

Tujuannya adalah menciptakan dampak yang menarik untuk meyakinkan pemirsa agar mempertimbangkan produk/layanan, merek, dan bisnis. Hasil dari perancangan pemasaran dan periklanan ini sendiri dapat diproduksi baik dalam format cetak maupun digital berupa spanduk, spanduk, leaflet, pamflet dan pamflet.

4. Desain Publikasi

Desain grafis untuk publikasi adalah jenis desain grafis yang digunakan dalam industri penerbitan, termasuk majalah, surat kabar, katalog, buletin, bahan cetak, dan digital.

Desainer grafis yang berspesialisasi dalam publikasi ini biasanya bekerja dengan editor dan penerbit untuk membuat pengalaman visual pembaca berkesan dengan sentuhan seni yang bagus. Yaitu dengan mengatur tata letak secara cermat dan lengkap untuk menciptakan tipografi, foto, grafik, ilustrasi dan elemen lainnya.

5. Desain Antarmuka Pengguna

Antarmuka Desain grafis atau UI (user interface) adalah desain visual aplikasi desktop, aplikasi mobile, aplikasi web, dan game yang menghubungkan pengguna dengan sistem.

Sederhananya, UI adalah cara pengguna melihat produk di layar. Proses desain UI membutuhkan keseimbangan antara fungsionalitas teknis dan elemen visual untuk menciptakan sistem yang tidak hanya berfungsi.

Namun, itu juga membuat interaksi pengguna dengan sistem semudah dan seefisien mungkin. Dengan kata lain, desain UI dapat sangat membantu dalam meningkatkan kegunaan program/sistem digital dan, tentu saja, pengalaman pengguna.

6. Desain Grafis Lingkungan

Desain Grafis Lingkungan adalah desain grafis yang secara visual relevan dengan komunikasi audiens di lingkungan / lokasi tertentu seperti arsitektur, interior, lanskap, industri. Produk desain di area ini antara lain billboard, navigasi angkutan umum, dan mural.

Tujuan dari desain grafis lingkungan adalah untuk meningkatkan pengalaman pemirsa secara keseluruhan dengan membuat ruang lebih mengesankan, menghibur, informatif, dan mudah dinavigasi.

7. Ilustrasi

Ilustrasi Desain grafis adalah visualisasi dari sebuah artikel, cerita, atau ide dengan menggunakan gambar, fotografi, lukisan, dan teknik seni lainnya.

Tujuan ilustrasi adalah untuk menjelaskan informasi dan menghiasnya dengan alat bantu visual agar lebih mudah dicerna. Penerapan desain ilustrasi ini juga sangat luas. Dari desain T-shirt, sampul buku, novel grafis, video game, stok gambar, foto, dan lainnya hingga materi kampanye bisnis.

8. Motion Graphics

Motion graphics sering disebut hanya sebagai grafik bergerak, sesuai dengan nama “motion”, yang berarti gerakan. Lebih khusus lagi, motion graphic ini merupakan gabungan dari gambar visual, video, audio, dan berbagai efek lainnya dengan menggunakan animasi gerak.

Dalam grafik gerak, objek tidak membosankan, tetapi terlihat dinamis dan menarik. Kisaran jenis desain grafis ini juga sangat luas. Dimulai dengan iklan, animasi, hiburan, musik, video game, situs web, aplikasi, dan lainnya.

 

Untuk dapat menjadi seorang desiner yang handal tentu tidak dapat belajar secara otodidak atau hanya melihat konsep-konsep melalui computer, melainkan perlu adanya bimbingan atau pun training ilmu desain. Hal tersebut untuk memudahkan bagi siapa saja yang ingin belajar desain.

Tujuan adanya Training Desain Grafis Di Jogja

  • Supaya dapat mempercepat proses belajar mengajar menyajikan suatu materi atau pembelajaran tentunya dalam bentuk grafis.
  • Supaya para siswa atau para peserta mengenal ilmu desain grafis sehingga dengan begitu para peserta dapat mengimplementasikannya dalam lingkungan serta dapat membuka usaha sendiri.
  • Supaya para peserta memahami program-program aplikasi tentang ilmu desain grafis.
  • Supaya para peserta dapat dengan mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan melalui ilmu desain grafis.
  • Supaya para peserta memiliki bekal yang luas terkait ilmu desain grafis.

Manfaat Training Desain Grafis Di Jogja

Seperti yang telah kita ketahui bahwa perkembangan ilmu desain grafis dewasa ini sangat pesat, maka dari itulah Manfaat desain grafis dapat kita rasakan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dapat dilihat dari semua bidang dalam kehidupan sangat memerlukan desain grafis.

Selain itu, telah kita ketahui bahwa manfaat Training Desain Grafis Di Jogja sangat lekat dengan persepsi, pencitraan, dan juga komunikasi.

Dengan mempelajari ilmu  desain grafis tentunya dapat memudahkan pertukaran informasi, membuat suatu informasi menjadi lebih menarik dan lebih nyaman dilihat oleh mata. Oleh karena itulah desain grafis menjadi salah satu bidang pendidikan yang diminati oleh kaula muda dewasa ini. Untuk Training Desain Grafis Di Jogja ini yang diperlukan hanyalah kreativitas dan tentu ilmu-ilmu dasar untuk menggunakan aplikasi desain grafis.

Manfaat belajar ilmu desain grafis di Training Desain Grafis Di Jogja

  • Dapat dengan cepat memperoleh lapangan kerja.

Dewasa ini banyak sekali yang memerlukan desain baik untuk fashion, rumah, atau pun hal-hal lain yang sekiranya pantas untuk diberi desain. Karena kebutuhan yang semakin meningkat itulah membuat peluang kerja terbuka luas untuk mereka yang suka berkecimpung dalam dunia desainer.

  • Dapat memperkenalkan ilmu desain grafis dengan luas terhadap masyarakat.
  • Memperkenalkan program-program aplikasi desain grafis terhadap masyarakat luas.

Hal tersebut perlu dilakukan supaya banyak masyarakat yang mencintai ilmu desain dan membuka usaha sendiri.

  • Menyampaikan dengan mudah kepada masyarakat tentang pesan-pesan yang ada dalam desain, sehingga masyarakat dapat memahami dengan mudah.

Nah, apakah anda semua tertarik untuk mengambil ilmu Training Desain Grafis Di Jogja sebagai mata pencaharian anda? Mari jangan ragu, sebab banyak para pengusaha desainer terkenal karena ilmunya.

Demikian ulasan mengenai Training Desain Grafis Di Jogja. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat.