News That Matters

Pelatihan K3 galangan kapal jogja

Pelatihan K3 Galangan Kapal Jogja – Galangan Kapal merupakan tempat yang digunakan untuk memperbaiki atau membuat kapal. Kapal-kapal yang dikerjakan di galangan kapal pun berbagai macam, dari kapal-kapal penumpang sampai kapal-kapal pesiar. Pun kapal-kapal militer dibuat di galangan kapal.

Di Indonesia masih terbilang jarang ditemui galangan kapal. Karena galangan kapal di Indonesia seringnya digunakan untuk memperbaiki, bukan untuk membuat. Indonesia belum memiliki SDM dan peralatan yang cukup untuk membuat kapal.

Bekerja di galangan kapal pastilah memiliki resiko yang sangat besar. Bekerja di galangan kapal harus memiliki keahlian khusus yang jarang ditemui oleh pekerjaan lainnya. Banyak detail-detail yang harus diperhatikan. Baik detail keselamatan pribadi maupun detail kapal yang berurusan dengan keselamatan orang banyak.

Keselamatan orang banyak mungkin menjadi prioritas utama bagi para pekerja, namun terkadang keselamatan pekerja sendiri sering diabaikan. Mereka merasa orang lain jauh lebih penting dari pada dirinya sendiri. Hal tersebut baik memang, tapi juga keselamatan pribadi harus tetap diprioritaskan. Karena bagaimanapun orang akan bekerja secara maksimal jika kesehatan dan keselamatan dirinya maksimal pula.

Banyak aturan dan hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pekerja yang bekerja di Galangan Kapal. Melihat Indonesia adalah negara maritim yang memilliki kepulauan terbesar, maka kapal menjadi transportasi yang sangat penting. Menjadi negara maritim pun membuat Indonesia memiliki banyak PR terakit kondisi kapal. Baik dari segi kualitas, fasilitas, dan kuantitas.

Pemilik proyek pembuatan kapal perlu memahami aturan dan hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk keselamatan pekerjanya. Namun, hal yang masih sering kita temui adalah kurang pedulinya atasan pada bawahan atau pekerja lapangan. Padahal, pekerja lapangan pun masih harus diperhatikandari segi kenyamanan dan keselamatan kerjanya.

Pelatihan K3 Galangan kapal Jogja sangat mendukung jika setiap atasan membuat pelatihan untuk para pekerja terkait keselamatan kerjanya. Keselamatan pekerja menjadi tanggung jawab atasan. Atasan perlu tahu perlengkapan apa saja yang harus disiapkan oleh para pekerja sebelum memulai bekerja. Meskipun keselamatan pekerja menjadi kewajiban individu tapi atasan juga memiliki porsi untuk bertanggung jawab jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi oleh pekerja.

error: Content is protected !!