News That Matters

Kursus Memasak Jogja

Kursus Memasak Jogja – Di dewasa ini hal yang berkaitan dengan makanan atau kuliner menjadi hal yang sangat banyak dicari. Baik dari segala macam usaha kuliner yang dengan mudah bisa kita temui, sampai segala macam kursus yang dibuka untuk semua orang yang ingin belajar memasak. Usaha kuliner menjadi usaha yang tak ada matinya. Selama manusia masih membuthkan makan untuk hidup, bisa dipastikan usaha kuliner tidak akan pernah mati. Kini bisa kita lihat banyak artis yang membuka usaha kuliner di samping kerjanya di dunia entertainment. Kenapa? Karena dunia hiburan ada masa jayanya masing-masing, tapi usah kuliner akan tetap jaya di masyarakat.

Namun, dengan begitu banyak usaha kuliner yang ada di sekitar kita maka persaingan antar satu usaha dengan usaha lainnya menjadi sangat erat. Meskipun semua kuliner memiliki pasarnya masing-masing, tapi jika tidak memiliki daya jual atau ciri khas yang membedakan dengan usaha lainnya pasti akan menjadi beban tersendiri. Kue contohnya. Sekarang banyak sekali usaha kue artis yang satu sama lain jika kita perhatikan sebenarnya dari bahan dasar yang sama.  Baik variannya, jenisnya, sampai bentuknya. Lantas apa yang membedakan?

Berbicara tentang makanan pasti kita berbicara tentang cita rasa. Selera rasa orang memang berbeda-beda. Namun pada dasarnya, cita rasa orang bisa kita lihat dari daerahnya. Contohnya di Yogyakarta yang terkenal dengan rasa manisnya. Untuk orang asli Jogja pasti akan lebih mencari makanan dengan cita rasa manis yang menonjol. Berbeda jika kita bandingkan dengan orang di luar jawa, Medan misalnya. Orang Medan terkenal dengan cita rasa pedasnya. Maka pendatang dari Medan yang tinggal di Jogja biasanya tidak terlalu suka, atau butuh waktu untuk beradaptasi dengan makanan khas jogja.

Cita rasa. Hal satu ini yang menjadikan syarat atau ciri khas masing-masing penyaji kuliner agar bisa bersaing di lapangan. Namun, mencari cita rasa khas yang tidak semudah mencari jenis makanan yang akan dijadikan usaha. Ciri khas inilah yang menjadi PR banyak orang yang akan membuka usaha kuliner.

Lantas, bagaimana cara menemukan ciri khas makanan yang akan kita buat? Tentu dengan menentukan di bagian bumbu mana yang akan dijadikan ciri khas. Setelah kita tahu bumbu-bumbu utama dari makanan yang akan kita buat, kemudian kita tentukan bumbu apa atau di bagian rasa mana yang akan kita tonjolkan.

Namun tidak semua orang bisa menemukan atau menetukan sendiri ciri khas makanan yang akan dibuat. Bahkan, tidak jarang pula orang masih kesulitan memasak meskipun dengan menggunakan bahan-bahan atau bumbu-bumbu dasar. Kursus memasak menjadi jawaban untuk orang-orang yang memang ingin mengembangkan kemampuan memasak mereka. Untuk sebagian orang, mungkin memasak hanya sebagaki aktivitas wajib rumahan. Tapi banyak juga yang ingin mengembangkan masakannya baik dari segi cita rasa maupun tampilan.

Berbicara tentang kursus memasak, kursus memasak jogja menjadi jawaban dari masyarakat jogja, baik pendatang maupun domisili. Kursus memasak jogja menyediakan berbagai paket, baik untuk rekan-rekan yang ingin membuka usaha kuliner maupun rekan-rekan yang hanya ingin belajar memasak untuk sekedar masakan rumahan. Keunggulan kursus memasak jogja dari kursus memasak lainnya adalah di bagian pembelajaran. Kami menyediakan tentor yang bisa mengajarkan secara privat masakan yang diinginkan. Keuntungan lain kursus di tempat kursus memasak jogja adalah dalam hal cita rasa. Tentor atau guru yang mengajarkan tidak akan mendikte cita rasa yang ingin ditonjolkan. Yang terpenting rekan-rekan bisa memasak dengan bahan dan bumbu dasar, untuk kemudian dikembangkan ke dalam cita rasa yang diinginkan.

kursus memasak jogja akan melatih rekan-rekan dalam memasak segala jenis varian. Baik itu kue, roti kering, jajanan pasar, makanan khas daerah, sampai sekedar sayur-sayura rumahan. Semua sesuai dengan kesepakatan dari tentor dan rekan-rekan yang ingin belajar.

Kursus memasak jogja menyediakan dua paket. Yaitu paket cepat dan paket komplit. Paket cepat ini ditujukan kepada rekan-rekan yang ingin berlatih memasak dengan bumbu dan bahan dasar dengan cita rasa yang umum. Untuk menu juga masih sebatas menu-menu rumahan atau menu-menu masakan yang sering kita jumpai di pasaran. Paket cepat ini terdiri dari 4 kali pertemuan yang diselesaikan dalam waktu satu pecan.

Berbeda dengan paket cepat, paket komplit lebih difokuskan kepada rekan-rekan yang memang ingin membuka usaha kuliner sendiri. Contohnya jika rekan-rekan ingin membuka warung mie ayam atau bakso, di kursus memasak jogja akan diajarkan bagaimana cara membuat mie ayam atau bakso yang memiliki ciri khas sendiri tanpa menghilangkan kekhasan rasa dari mie ayam atau bakso.

Selain itu, rekan-rekan yang ingin membuka usaha angkringan tapi dengan memasak sendiri juga bisa belajar di kursus memasak jogja dengan mengambil paket komplit. Paket komplit ini berlangsung selama 6 bulan. Untuk pertemuan bisa diatur sesuai kebutuhan dari tentor dan rekan-rekan yang akan belajar. Jika dirasa 20 kali pertemuan sudah cukup maka 20 pertemuan saja. Namun tidak jarang pula ada yang ingin belajar secara detail sehingga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Demikian informasi yang bisa disampaikan oleh kursus memasak jogja. Semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan yang memang benar-benar ingin belajar memasak. Selamat bermanfaat!

Jika rekan-rekan ingin mencari kursus yang lain bisa kunjungi website jogjatraining.com

error: Content is protected !!